Tuesday, November 19, 2013

Install Arabic di Windows 7

Mengenai cara install arabic di Windows 7 - Sebelumnya saya pernah memposting mengenai cara setting arabic pada pada Windows XP, maka pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara install/setting arabic language pada Windows 7.

Cara menginstall/setting arabic pada Windows 7 jauh lebih mudah dibandingkan dengan setting arabic pada Windows XP, mengapa demikian? karena menginstall arabic pada Windows 7 tidak memerlukan CD installer. Jadi, kemungkinan tidak akan ada judul posting yang seperti ini: Cara Install/Setting Arabic Pada Window 7 Tanpa CD Installer, karena memang tidak membutuhkannya.

Langkah-langkah installasi:

  • Klik Tombol Start >> Control Panel >> Clock, Language and Region >> Change keyboards or other input methods
  • Pada Dialog window Text Services and Input Languages, klik tombol Add
  • Pada window Add Input Language, pilih Arabic (Saudi Arabia) Klik tanda + pada Arabic (Saudi Arabia)  >>  tanda + Keyboard >> pilih Arabic (101)  >> OK.
  • Sampai disini, proses intallasi belum selesai, selanjutnya klik tombol Key Settings >> Change Key Sequence... >> Switch input languages >> CTRL + SHIFT, point yang terakhir ini maksudnya: apabila Anda ingin berpindah dari latin ke arab maka tekan CTRL + SHIFT (kanan) dan apabila Anda ingin berpindah dari Arab ke Latin tekan CTRL + SHIFT (kiri). Tentu saja ini akan sangat memudahkan sekali pada saat kita mengetik tulisan campuran antara Latin dan Arab.
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video cara install arabic pada Windows 7:



Demikian mengenai cara install arabic pada Windows 7, Semoga bermanfaat.