Wednesday, December 26, 2012

Mempercepat Loading Blogger TOC (Daftar Isi) - Blogging

Mengenai cara mempercepat loading daftar isi (table of content) pada blogspot yang telah dilengkapi dengan script daftar isi (table of content), terlebih bagi blogspot yang memiliki konten yang sudah cukup banyak (di atas 500 posting).

Full Feed dan Summary Feed adalah kata kuncinya seperti yang telah saya posting sebelumnya, mengapa bisa demikian? mengapa full feed dan summary feed mempengaruhi kecepatan loading daftar isi? begini saja coba Anda bandingkan dua feed link default (bawaan asli blogger tanpa parameter) di bawah ini:

 Manakah yang menurut Anda lebih cepat?

Nah, dikarenakan yang dibutuhkan oleh script TOC javascript hanyalah Title dan URL-nya saja maka tentulah kita lebih memilih summary feed, bahkan kalau ada yang tanpa konten sekalipun (hanya Title dan URl-nya saja) tentu ini akan jauh lebih cepat lagi.

Di bawah ini merupakan cara mengganti default menjadi summary:

<script src="http://blog-milik-anda.blogspot.com/feeds/posts/default?start-index=1&max-results=500&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Gantilah default di atas (yang diberi warna merah) menjadi summary seperti di bawah ini:

<script src="http://blog-milik-anda.blogspot.com/feeds/posts/summary?start-index=1&max-results=500&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Bagaimana dengan daftar isi blog ini, coba Anda klik disini. Tulisan ini umumnya berlaku juga bagi widget-widget yang melibatkan feed seperti recent post (home made version).