Sunday, June 17, 2012

Spin Artikel Bahasa Indonesia

Apa yang dimaksud artikel spin/spin artikel/article spinner? bisa Anda baca di sini. Dengan kata lain artikel spin adalah mengganti kata dengan menggunakan sinonim dari kata tersebut secara besar-besaran. Tujuannya? Mengecoh mesin pencari agar artikel yang kita duplikatkan (copy paste) berubah menjadi sebuah konten unik menurut pengamatan robot/mesin pencari (bukan menurut pengamatan manusia). Contoh:

Saya akan pergi ke pasar. berubah menjadi
Ana berencana berangkat ke pasar. atau
Ane mau pergi ke pasar. atau
Aku berencana pergi ke pasar. atau
Gue akan berangkat ke pasar. atau
gw mo pergi ke pasar. atau
dan seterusnya. dan seterusnya.

Bukankah seluruh kalimat di atas tersebut unik menurut versi mesin pencari? Nah, bagaimana menurut versi manusia (saya dan Anda)?

Spin artikel bisa dikategorikan sebagai sebuah teknik SEO yang sedikit hitam yang dapat menyebabkan banyaknya duplikasi konten/sampah menurut pengamatan manusia. Tetapi dalam dunia sales online/reseller/affeliate hal ini tidak bisa dihindari. Ya saya ulangi, dalam dunia sales online hal ini tidak bisa dihindari. Satu produk dengan merk yang sama dijual oleh ribuah atau jutaan orang secara online.

Di bawah ini merupakan contoh kode spin artikel bahasa indonesia dengan menggunakan 5 kata dan sinonimnya (seharusnya 5000 kata beserta sinonimnya), yakni saya, pergi, blogger, gmail, akan.
Option Explicit 

Private Function
ChooseWord(choice As Variant, bWord, Optional bUnik As Boolean) As String

Dim i As Integer
Dim
strSpin() As String, strChooseWord As String
strSpin = Split(choice, ",")
If Not bUnik Then
Randomize
i =
CInt((UBound(strSpin) * Rnd) + 1)
strChooseWord = strSpin(i - 1)
Else
Do
Randomize
i =
CInt((UBound(strSpin) * Rnd) + 1)
strChooseWord = strSpin(i - 1)
Loop While strChooseWord = bWord
End If
ChooseWord = strChooseWord

End Function

Private Sub
cmdDoSpin_Click()
Dim strResult As String
Dim
strSource As String
strResult = txtResult.Text
strSource = txtSource.Text

strResult = LCase(strSource)

Dim
arrWord() As String
ReDim
arrWord(4) 'gantilah menjadi 40, 400, atau 4000
'apabila algoritmanya telah dimodif dan mantap maka
'tambahkan sinonim menjadi 40, 400, atau 4000
arrWord(0) = "saya, aku, ane, ana"
arrWord(1) = "pergi, berangkat"
arrWord(2) = " akan, berencana"
arrWord(3) = "blogger, blogspot, blog milik google (blogspot)"
arrWord(4) = "gmail, gmail.com, google mail, layanan email milik google (gmail)"
'--------------------------------------------------------
Dim i As Integer, k As Integer

For i =
LBound(arrWord) To UBound(arrWord)
Dim strSpin() As String
strSpin = Split(arrWord(i), ",")
For k = LBound(strSpin) To UBound(strSpin)
If InStr(1, strSource, strSpin(k)) > 0 Then
strResult = Replace(strResult, strSpin(k), ChooseWord(arrWord(i), strSpin(k), Check1.Value = 1))
Exit For
End If
Next
Next
txtResult.Text = Trim$(strResult)
End Sub

Cobalah Anda kembangkan. Semoga kode spin artikel bahasa indonesia di atas bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.