Tuesday, June 12, 2012

Memahami License Key Pada Pembuatan OCX - Bisnis OCX

Apabila kita membuat sebuah OCX maka, pada VB6 IDE yaitu pada project properties >> tab General, kita akan mendapati tulisan "Require License Key" (sebelah kiri bawah). Nah, pertanyaannya apa yang terjadi bila checkbox tersebut kita beri centang? Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya Anda membuat sebuah project ocx sederhana kemudian mencentang checkbox bertuliskan "Require License Key" dan mengcompile project tersebut serta memperhatikan pengaruhnya. Apakah ada pengaruhnya? sepertinya atau lebih tepatnya seakan-akan tidak ada.

Perlu diketahui dengan dicentangnya tulisan "Require License Key" maka pada saat mengkompail OCX, VB6 akan secara otomatis membuat satu dari beberapa key baru pada registry, yaitu pada alamat: HKEY\CLASSES_ROOT\Licenses\{OCX GUID Anda}. secara bersamaan VB6 juga mengenerate file yang berektensi *.VBL (bisa Anda buka menggunakan Notepad untuk melihat isinya). Nah, key inilah yang membuat kita bisa menggunakannya pada saat DesignTime.

Untuk memahaminya lebih baik, saya membuat sebuah simulasi penjualan Shadow.OCX. Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Download terlebih dahulu Amazing Fade Effect - Shadow.OCX. Akan terdapat 3 file di dalamnya:

    1. prjAmazingShadow.exe
    2. Shadow.ocx
    3. Install.bat

  • Klik Install.bat untuk meregistrasikan komponen OCX.
  • Klik prjAmazingShadow.exe untuk melihat demo shadow.ocx.

Langkah kedua:
  • Buat project baru.
  • Tambahkan komponen prjShadowCtl (Shadow.OCX).
  • Tambahkan ucShadow (Shadow.OCX) ke dalam Form. Apakah Anda bisa melakukannya? tidak, yang ada hanyalah pesan error/pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini:

Keterangan:
Shadow.ocx dibuat oleh Paul Caton. Shadow.ocx merupakan sebuah komponen untuk membuat effect bayangan dan efek fade-in fade-out pada aplikasi, keunggulannya adalah Anda hanya perlu menempelkannya ke dalam Form dan selesai (tanpa membutuhkan kode). Memiliki beberapa properties yang bisa Anda atur untuk disesuaikan dengan selera Anda. Menggunakan teknik SubClassing aman yang diperkenalkan oleh Paul Caton.