Tuesday, May 29, 2012

Kamus Inggris - Merapikan Project - Bagian ke-5

Kamus Inggris - Merapikan Project merupakan kelanjutan dari bagian ke-4.
Mulai pada bagian yang ke-5 kita akan merapikan project telah dibuat. Yang dimaksud dengan merapikan project disini diantaranya: membuat folder-folder untuk form, module, class, ActiveX dan lain sebagainya.

Selain yang telah disebutkan di atas, biasakan pula meng-indent kode dengan baik, menulis variable, constanta dengan baik (menggunakan prefix standar untuk VB6) dalam hal ini mengacu pada Naming convention Untuk VB6.

Perlu diketahui, semua yang disebutkan tadi bukan merupakan keharusan, hanya sebaiknya dilakukan, Adapun tujuannya, agar project tersebut mudah dipelihara, diupdate dari versi 1.0 versi 2.0 dan selanjutnya, mudah dibaca alur logikanya, terutama jika suatu saat kita ingin mengupgradenya ke VB.NET.

Tujuan pada bagian ke-4
Merapikan project dengan membuat beberapa folder, yaitu: folder ActiveX (untuk menyimpan dll atau ocx), Form (untuk menyimpan form), Module (untuk menyimpan berbagai module), Resource (untuk menyimpan file manifest, sound, image, icon), Database (menyimpan file database kamus), Setup (untuk menyimpan hasil compile installer, disini yang akan digunakan adalah InnoSetup)

Langkah-langkah
  • Buka project Anda pada Windows Explorer, selanjutnya buatlah folder ActiveX, Form, Module, Resource, Database, Setup

  • Buka project Anda melalui Windows Explorer dengan cara mendobel klik prjKamus

  • Klik kanan frmKamus >> Save As dan simpanlah pada folder Form

  • Klik kanan modMain >> Save As dan simpanlah pada folder Module

  • Simpan file manifest (XP.manifest.res) pada folder Resource

  • Buka Windows Explorer, hapus seluruh file yang berada diluar folder yang telah kita buat, dan sisakan hanya dua yang tidak boleh dihapus yaitu prjKamus.vbp dan prjKamus.vbw

Kode-kode
Tidak Ada

Uji Coba
Double klik prjKamus.vbp yang terdapat dalam Windows Explorer, jika prosedur yang Anda tempuh benar maka ia tidak akan menampilkan pesan Error.

Catatan
Tidak Ada

Bersambung pada bagian ke-6 ...